Selasa, 19 Februari 2013

LANGKAH SEDERHANA UNTUK BUMI YANG LEBIH BAIK

Beberapa orang beranggapan untuk membuat Bumi kembali menjadi tempat yang nyaman memerlukan usaha dan biaya yang tidak sedikit, serta terkesan rumit. Sebenarnya kita tidak memerlukan perubahan yang radikal untuk membantu Bumi ini menjadi tempat yang lebih baik. Pada langkah awal, cukup kita sesuaikan beberapa rutinitas yang lebih hemat dan ramah lingkungan sesuai dengan kemampuan kita. Berikut adalah tips sederhana yang mudah diaplikasikan, dan jika konsisten, maka dapat anda rasakan manfaatnya, paling tidak anda lebih hemat uang :D
  1. Masak dan makan dari bahan yang masih segar, selain lebih murah dan sehat, menghindari makanan kemasan atau olahan akan lebih menurunkan energi yang terbuang akibat dari proses pengolahan dan transportasi.
  2. Beli produk lokal, hasil pertanian lokal lebih murah, dan sangat hemat energi yang terpakai untuk pengemasan dan transportasi.
  3. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas. Energi untuk membuat satu kaleng aluminium sama dengan energi untuk menyalakan TV selama 3 jam.
  4. Kalau tdak mau repot mendaur ulang sendiri sampah anda, kumpulkan sampah yang bisa didaur ulang seperti kertas, kaleng, besi, dan jual kepada pengepul rongsokan, dengan begitu sampah bisa didaur ulang dan anda mendapat uang tambahan.
  5. Beli dalam kemasan besar, karena sebenarnya lebih murah dan lebih hemat sumber daya pengemasan.
  6. Hindari Fast Food, karena Fast Food adalah penghasil sampah terbesar di dunia, selain itu juga tidak baik untuk kesehatan.
  7. Bawa tas yang bisa dipakai berulang-ulang, bawa sendiri tas untuk belanjaan anda, sehingga bisa mengurangi potensi sampah plastik. 
  8.  Budayakan menanam dan merawat pohon. Banyak orang yang ramai-ramai menanam pohon untuk menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan, tapi setelah ditanam pohon tersebut tidak dirawat dan akhirnya mati, sehingga kegiatan tersebut kurang bermanfaat.
  9. Hindari penggunaan suhu AC maksimal, dan pastikan ruangan ber-AC anda tertutup, sehingga AC tidak bekerja terlalu keras dan lebih hemat listrik.
  10. Hindari posisi stand by pada alat elektronik, yang sering terjadi pada TV, dan cabut charger HP jika sudah penuh, hal ini untuk mengindari energi yang terbuang.
  11. Jangan membuka kulkas terlalu lama, karena kulkas akan memakai energi maksimal untuk mengembalikan suhu yang hilang, sehingga lebih boros listrik.
  12. Bila anda mampu gunakan detergen dan pembersih ramah lingkungan.
  13. Daur ulang perabotan lama anda, atau jual pada pengepul rongsokan, sehingga mengurangi jumlah sampah, dan anda bisa mendapat tambahan uang.
  14. Donasikan pakaian atau barang bekas anda kepada yang membutuhkan.
  15. Jika anda tidak bisa lepas dari penggunaan mobil, gunakanlah city car atau mobil dengan bahan bakar bio fuel, elektrik, hibrida, atau bahkan hidrogen, tergantung dari kemampuan anda.
  16. Belajar mengemudi dengan baik, ganti persneling lebih awal, hindari mengerem mendadak dan menghentak gas, akan menghemat sekitar 15% BBM.
  17. Gunakan peralatan dengan baterai yang bisa diisi ulang, karena dapat mengurangi potensi sampah dan lebih hemat.
  18. Utamakan membeli peralatan elektronik yang hemat energi, misal TV LCD lebih hemat energi daripada TV tabung konvensional.
  19. Gunakan pembersih ramah lingkungan. Sebenarnya cuka dan baking soda bisa digunakan sebagai pembersih serba guna, caranya, campur cuka dengan air hangat (50:50), larutan tersebut bisa dipakai sebagai pembersih dan penghilang bau tak sedap, misal pada karpet.
Hal-hal tersebut akan sangat membantu Bumi kita jika dilakukan secara konsisten. Jejak karbon yang kita kurangi dapat membantu mengurangi dampak pemanasan global. Lakukan tindakan tersebut sesuai dengan kemampuan, bukan sesuai dengan kemauan. :D
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar