Kamis, 09 April 2015

CATATAN PERJALANAN PENDAKIAN GUNUNG SINDORO VIA KLEDUNG 7-8 Juni 2014

Gunung Sindoro atau dikenal juga dengan nama Gunung Sindara, dan Gunung Sundoro terletak di Temanggung, Jawa tengah. Termasuk gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian 3.150 mdpl. Basecamp jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung terletak di Balai Desa Kledung, dipisahkan Jalan raya dari Basecamp Gunung Sumbing.

Balai Desa Kledung
Jalan masuk dari Jalan Raya

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung dilaksanakan pada tanggal 7-8 Juni 2014 dengan 3 personel yaitu : penulis (Burhan), Faisal, serta teman kami dari Jakarta Sandry. Dari Solo kami (penulis dan Faisal) berangkat pukul 16:44 dengan mengendarai sepeda motor. Jalur yang diambil adalah Solo-Boyolali-Selo-Blabak-Magelang-Secang-Temanggung-Parakan-Basecamp, kami sempat istirahat selama setengah jam di selo sampai akhirnya pukul 23:30 kami sampai di Basecamp Kledung yang terletak di jalan masuk desa Kledung, dari arah Solo masuk jalan kecil ke Kanan, Basecampnya sendiri terletak dikiri jalan. Tempat parkir dan tempat tidur di Basecamp cukup luas, fasilitas disini juga bagus dan luas.

Peta Jalur

Karcis 3 orang + parkir

Pukul 13:03 tanggal 7 kami baru memulai pendakian, pada awalnya kami tergoda untuk naik ojek sampai POS I, ya disini terdapat ojek dengan membayar Rp 15.000 kita bisa naik sampai diatas POS I. Dengan berbagai pertimbangan kami memutuskan untuk jalan kaki melewati jalan desa yang berbatu dan ladang penduduk, seperti halnya tetangganya yaitu Gunung Sumbing, disini Jalan Desanya sangat panjang walaupun landai, sehingga cukup menguji mental kami. Dijalan desa kami melewati persimpangan kekanan, kemudian ada persimpangan lagi ambil kekanan lagi, dikiri dan kanan jalan terdapat banyak tanaman cakar ayam.

Jalur Ladang

POS Ojek

Track dari POS I ke POS II bervariasi tanjakan dan turunan melewati lembah dan agak teduh. Pukul 15:00 kami sampai di POS II. Disini terdapat shelter kecil yang Cuma muat satu tenda, diluarnya cukup luas bisa muat 3-4 tenda. Pukul 15:19 pendakian dimulai lagi dan track tanjakan curam berbatu khas Gunung Sindoro pun dimulai, vegetasi yang tumbuh disini cukup rapat dari jenis lamtoro gunung dan alang-alang. Pukul 16:15 kami sampai di POS III yang mempunyai tempat yang luas, tapi sayangnya disini tidak ada shelter dan tempatnya sangat terbuka. Setelah istirahat sebentar perjalanan dilanjutkan. Track setelah POS III sangat curam dan terbuka, vegetasi yang ada Cuma lamtoro gunung yang tumbuh kerdil dan alang-alang, sehingga hembusan angin sangat terasa, karena sepanjang jalur setelah POS III sangat curam disini sulit untuk menemukan tempat mendirikan tenda, kalaupun ada tempatnya sempit-sempit, sehingga penulis sarankan lebih baik buat camp di POS III kalau kondisi fisik sudah lelah. Pukul 19:15 kami baru bisa menemukan tempat mendirikan tenda tepatnya sedikit dibawah POS IV.

Track setelah POS II

POS II

Track antara POS II - POS IV

POS III

Keesokan harinya kami berangkat dari camp pukul 07:47. Tidak lama kemudian kami sampai di POS IV ketika jam menunjukan pukul 08:11. POS IV tidak ada shelter, hanya berupa tempat cukup lapang yang muat 3 tenda besar, disini juga terdapat batu-batu besar. Pukul 08:15 kami menuju puncak, tidak ada jalan pasti, karena track disini sangat terbuka. Akhirnya.... tepat pukul 09:20 kami sampai di Puncak. Semua lelah terbayar lunas oleh pemandangan istimewa kawah Gunung Sindoro dan Gunung Sindoro. Berjalan kearah kiri dari puncak kita akan menemukan lapangan yang luas, kita juga bisa memutari kawah dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam. Kawah gunung Sindoro masih aktif, sehingga bau belerang sangat menyengat, penulis sarankan bagi pendaki untuk memakai penutup hidung dan tidak berada dipuncak lama-lama agar tidak menghirup belerang berlebihan.

POS IV
Menjelang Puncak

Kawah

Foto bareng

Puncak Gunung Sindoro sangat menakjubkan, tapi kami tidak bisa berlama-lama disana, karena bau belerang semakin menyengat. Pukul 09:50 kami turun dan sampai di POS IV pukul 10:36. Pukul 10:43 kami turun dan sampai di POS III pukul 12:02, istirahat sebentar sambil ngeteh dan perjalanan pun dilanjutkan pada pukul 12:30. Perjalanan hampir menuju akhirnya setelah kami sampai di POS II karena track setelah POS II cenderung landai. Pukul 13:52 kami turun dan sampai di POS ojek pukul 14:38, disebut pos ojek karena disini merupakan tempat mangkal tukang ojek yang menunggu pendaki turun. Kami bertiga sepakat untuk merasakan sensasi turun Gunung dengan mengendarai ojek. Setelah istirahat sebentar, pukul 14:42 kami turun dengan menggunakan jasa ojek, dan benar saja, sensasinya luar biasa, bisa dibayangkan di track pendakian naik ojek dalam keadaan mesin dimatikan, jalurnyapun berliku dengan jurang di ujungnya, benar-benar memacu adrenalin, sebenarnya penulis ingin merekamnya dalam video, tapi apa daya penulis terlalu bersemangat sehingga lupa. Pukul 14:52 kami sampai di Basecamp. Akhirnya satu lagi pengalaman luar biasa dirasakan oleh penulis dan tentunya juga dirasakan oleh Faisal dan Sandry. Penulis bangga dengan teman sependakian penulis yang mempunyai mental tangguh untuk menyeleseikan perjalanan hingga akhir, dan juga telah menjadi pendaki bertanggungjawab dengan tetap menjalankan safety procedure serta tidak meninggalkan sampah digunung. Penulis harap pendaki lain bisa menjalankan hal serupa, safety first, dan jaga kebersiha gunung, jika tidak bisa menjadi pendaki gunung yang bertanggungjawab, LEBIH BAIK JANGAN NAIK GUNUNG.

Rangkuman dan saran
1.    Tidak ada mata air dijalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, jadi pastikan membawa cukup persediaan air dari basecamp.
2.      Hati-hati tersesat di jalan desa, karena ada dua persimpangan, keduanya tetap ambil kekanan.
3.      Diatas POS III sulit mencari tempat mendirikan tenda karena medannya curam dan hembusan angin yang kuat. Ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda termasuk di POS IV, tapi ketika banyak yang mendaki gunung akan sulit mencari tempat yang kosong.
4.      BAWA TURUN SAMPAH ANDA.

Naik

15:19 – 16:15
56’
POS II – POS III
Track curam berbatu, vegetasi rapat