Selasa, 10 Juli 2012

MEPA-UNS, Berkembang, Berkarya, dan Bercita-cita Tinggi

       Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam yang disingkat MEPA-UNS adalah sebuah organisasi yang bergerak dibidang kepecintaalaman dibawah naungan lembaga Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Berdiri pada tanggal 28 Oktober 1978 oleh komunitas mahasiswa FE yang senang berpetualang khususnya naik gunung, kemudian resmi menjadi organisasi Fakultas Ekonomi UNS pada tahun 1983 dengan ketua umum pertamanya Emon Prasetyo, kini MEPA-UNS mempunyai total anggota lebih dari 400 anggota biasa dan eksponen serta 2 orang anggota kehormatan. Logo MEPA-UNS terdiri dari bulatan dan tulisan MEPA-UNS, dimana ditiap bagiannya mempunyai arti tersendiri. Warna biru mempunyai arti alami, warna putih berarti bergerak tanpa tendensi, tiga akar berarti tumbuh atas dasar tri darma perguruan tinggi, akar bergerak keatas berarti berkembang, berkarya, dan bercita-cita tinggi, simpul ditengah berarti ikatan menghimpun kekuatan, cabang keatas membentuk sudut 120' berarti keseimbangan, pembatas bulatan berarti semua mempunyai batasan, warna hitam berarti ketegasan. Makna dari setiap unsur lambang MEPA-UNS menggambarkan karakter organisasi tersebut.


          Sejak berdiri, MEPA - UNS terus berkembang pesat dengan mottonya " Berkembang, Berkarya, dan Bercita - cita Tinggi " melaui prestasi-prestasi yang yang diraihnya dalam lomba orientering, panjat dinding, penghargaan mahasiswa teladan, futsal, basket, dan cabang olah raga lainnya mulai dari lingkup fakultas sampai tingkat nasional. Prestasi MEPA - UNS sebagai penyelenggara kegiatan juga patut dihargai, tercatat lomba seperti lomba kebut gunung, kebut dayung, lomba panjat dinding, MNAC ( MEPA-UNS National Adventure Competition) yang menjadi ciri khas MEPA-UNS, SECTOR OF MEPA-UNS (rangkaian kegiatan lomba karya tulis ilmiah, seminar, dan penghijauan) yang membuktikan bahwa MAPALA juga bisa berkarya melalui tulisan dengan tidak meninggalkan ciri khasnya sebagai aktor dilapangan, kegiatan penghijauan,serta kegiatan-kegiatan lain, dan terbaru yang sedang dikembangkan adalah usaha pelestarian alam dengan lebih terkonsep dalam usaha KONSERVASI, sebagai tanggungjawab manusia yang merupakan bagian dari alam serta tanggungajawab sebuah organisasi "PECINTA ALAM".



          MEPA-UNS mulai bergerak di dunia konservasi pada tahun 2010, walaupun terhitung masih baru tapi perannya dalam usaha melestarikan alam cukup besar, berkolaborasi dengan organisasi DIPONG INDONESIA mempunyai dua area konservasi di lereng gunung Merapi via Deles serta pos 2 gunung Lawu via Cemoro Kandang. Dengan dicanangkannya UNS sebagai kampus konservasi biodiversitas, maka MEPA-UNS berupaya untuk mewujudkan hal tersebut dengan konsep kampus konservasinya. Sebagai organisasi pecinta alam saya harap MEPA-UNS bisa mengembangkan konservasi dan menularkan virus-virus konservasi pada sesama Pecinta Alam maupun masyarakat umum, karena pada dasarnya pecinta alam bukanlah yang sekedar mencapai puncak-puncak gunung, menjelajahi hutan, memanjat tebing-tebing, ataupun yang mengarungi sungai-sungai liar, tapi pecinta alam adalah seorang atau sekelompok orang yang secara nyata berperan aktif dalam usaha melestarikan alam.



             MEPA-UNS dapat diakses dengan datang ke sekretariatnya langsung di gedung KM lantai 2 FE-UNS, jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta, atau kunjungi websitenya di http://mepauns.wordpress.com/

BRAVO MEPA !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar